twitter
facebook
youtube
pinterest
google-plus
rss
tumblr

Radio Punya Peran Penting Lestarikan Budaya Lokal

“Radio RBS akan menyiarkan secara langsung kegiatan budaya dengan kemasan yang menarik bagi kaum muda”.

Binaswara.id – Media Radio mempunyai peran penting dalam ikut melestarikan budaya lokal dengan turut serta menyiarkan secara langsung kegiatan dan diskusi seni budaya secara berkala sehingga masyarakat bisa memahami budaya itu sendiri.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pendiri Radio Komunitas Radio Bina Suara (RBS) Depok Jawa Barat, Pratama Persadha di Depok, Senin.

Ia mengatakan sekarang ini terlalu banyak budaya dari luar yang masuk sehingga dikhawatirkan bisa mempengaruhi generasi muda dan bisa merubah mindset mereka. Untuk itu kata dia perlu wadah bagi para generasi muda untuk melakukan aktivitas yang positif guna mengembangkan kebudayaan daerah.

“Dalam menaklukan sebuah negara sekarang ini bukan lagi dengan aksi militer tetapi dengan cara masuk merusak budaya setempat,” jelas Pratama yang juga Ketua lembaga riset keamanan cyber Communication and Information System Security Research Center (CISSReC).

Untuk itu kata mantan pejabat Lembaga Sandi Negara ini perlu dilakukan berbagai macam upaya agar kebudayaan daerah yang ada sekarang di Indonesia harus tetap dipertahankan.

Lebih lanjut Pratama mengatakan adanya perkembangan media sosial sangat menyita perhatian kaum muda sehingga mereka ketergantungan dan lebih bersifat individualis tanpa menghiraukan sekitarnya.

Radio Bina Suara yang berada di frekwensi 107,9 FM kata dia memberikan wadah bagi kaum muda Tanah Baru Kota Depok untuk mengekspresikan berbagai kegiatan aktivitas seni dan budaya.

“Saya akan menyiarkan secara langsung kegiatan budaya dengan kemasan yang menarik bagi kaum muda,” jelasnya.

Radio RBS yang siaran selama 24 jam ini, berisi berbagai kegiatan seperti lagu-lagu daerah, lagu kroncong, dangdut, religi dan juga diskusi-diskusi mengenai seni budaya dan juga mengenai ketahanan keluarga.

Untuk menunjang ekspresi bagi kegiatan anak muda, kata Pratama di depan Studio RBS ini juga dibangun taman seluas 6.000 meter per segi yang bisa dimanfaatkan oleh warga setempat dengan membuat berbagai pentas seni dan lainnya.

“Kami tak menyiarkan tentang politik dan juga ujaran kebencian serta budaya gosip,” tegasnya.

RBS merupakan radio komunitas bagi warga Tanah Baru Kota Depok Jawa Barat untuk mengisi berbagai macam kegiatan yang positif (megapolitan.antaranews.com/rbs/adm)

Tentang Penulis

Tinggalkan Balasan

*

two × five =